TechnoScientia
Helping you to bring your concepts and ideas to publications.


Loading...

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA

Lingkup Jurnal

Jurnal Teknologi Technoscientia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Sains & Teknologi sebagai wahana publikasi karya ilmiah/penelitian di bidang teknologi dan rekayasa.

Bahasa

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baku.

Susunan Naskah

Susunan Naskah memuat judul, abstract, intisari, pendahuluan, metode, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustakan dan ditulis tanpa menggunakan nomor sub judul.

JUDUL, singkat dan jelas menunjukkan isinya, ditulis Arial Bold 11 dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Dibawah judul dicantumkan nama penulis (tanpa gelar kesarjanaan) diberi superscript dengan angka arab, dan instansi ditulis dibawah penulis dengan urutan angka arab, antara ketiga hal tersebut berjarak 1 spasi. Korespondensi email dan telpon sebagai footnote.

ABSTRACT, dalam bahasa Inggris dan ditulis italic, dilengkapi dengan INTISARI berbahasa Indonesia yang memuat permasalahan, metodologi dan hasil. Abstract/Intisari memuat maksimal 200 kata dan dilengkapi dengan keywords/kata kunci sebanyak 3-5 kata yang dituliskan dibawahnya.

PENDAHULUAN, berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metodologi (jika ada) serta tinjauan pustaka yang memuat kajian pustaka dan landasan teori yang relevan, tanpa menggunakan sub juul. Sumber keterangan ditunjuk dengan menuliskan didalam kurung: nama akhir penulis dan tahun penerbitan.

METODE, metode yang dipakai dalam penelitian.

PEMBAHASAN, menguraiakan hasil analisis kualitatif dan atau kuantitatif dengan penekanan pada jawaban atas permasalahan.

KESIMPULAN, berisi pernyataan singkat tentang hasil yang disarikan dari pembahasan. Saran dapat dituliskan pada bagian paling akhir.

DAFTAR PUSTAKA, disusun:

1. Kebawah disusun urut abjad huruf pertama dari nama akhir penulis

2. Ke kanan:

  • Buku: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul buku, jilid, edisi, nama penerbit, kota
  • Majalah: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul tulisan, nama majalah, edisi, nama penerbit, kota
  • Jurnal/prosiding: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), judul tulisan, nama jurnal/seminar, volume/tanggal seminar, nomor halaman.
  • TA/Tesis/Disertasi: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul TA/Tesis/Disertasi, universitas
  • Handbook/Engineering Standard/Dokumen Pemerintah: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat) atau nama organisasi, tahun, judul handbook/engineering standard/dokumen pemerintah, penerbit, kota.

Judul-judul yang tertulis miring diatas ditulis italic. Daftar pustaka yang ditulis hanya yang dikutip dalam artikel, minimal 5 pustaka, terbitan 10 tahun terakhir. Diutamakan merujuk ke jurnal (hasil publikasi penelitian).

Teknik Penulisan

Pengetikan Naskah dilakukan dengan jarak 1 spasi, lebar kertas 21cm tinggi 29,7cm (A4), tidak boleh bolak-balik, panjang tulisan 10-12 halaman. Jenis huruf Arial 10 point, margin atas 4cm, bawah 3cm, kiri 4cm dan kanan 3cm, tanpa footnote. Gambar/Foto merupakan gambar digital (hasil scanner) yang menyatu dalam teks, menggunakan warna grayscale. Tidak dibenarkan menggunakan tempelan gambar dalam teks. Tabel tidak boleh dalam bentuk image (jpg,tiff, dsb).

Penomoran tabel (diatas tabel), gambar (di bawah gambar) dengan nomor urut. Persamaan, dituliskan dengan angka arab pada tepi kanan diantara tanda kurung.

PENDAHULUAN, PEMBAHASAN, KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA dibuat dengan 2 kolom dengan jarak antar kolom 1cm.

Pengiriman Naskah.

Naskah dikirimkan ke Redaksi rangkar 2 disertai dengan softcopy (dianjurkan diketik dengan MS Word versi 2003) dan Surat Pernyataan tertulis belum pernah dimuat dalam penerbitan lain.

Biodata Penulis

Bagian akhir makalah disertakan biodata penulis mencakup: nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat korespondensi (rumah/kantor dan email), tahun lulus dan bidang ilmu untuk S1, S2 atau S3 (jika ada), spesialisasi dan minat keilmuan serta hal-hal lain yang dianggap perlu dicantumkan.

Redaksi berhak menolak naskah yang tidak memenuhi kriteria/persyaratan teknis, mengadakan perubahan susunan naskah, memperbaiki bahasa dan berkonsultasi dengan penulis sebelum naskah dimuat.